Bass
elektrik saat ini merupakan pengembangan dari double bass - telah ada sejak
abad 17 – dengan desain yang dibuat semakin simpel dan praktis. Gibson
Mando-Bass merupakan double bass elektrik pertama, didesain Llyod Loar pada
1920, menggunakan pick up electro-statis namun belum memakai amflifikasi bass.
Audiovox
Model 736 Bass Fiddle yang bentuknya menyerupai gitar dengan panjang 42”, berbahan
kayu walnut hitam dan menggunakan senar piano dan pick up, berhasil dibuat Paul
Tutmarc sebagai penyempurnaan model yang dibuat sebelumnya. Bas elektrik modern
pertama yang dimainkan secara horizontal ini diproduksi sebanyak 100 buah dan
mulai dipasarkan pada 1935.

Pada
1960, Fender mendesain dan menciptakan Jazz Bass dengan 2 pickup berukuran sama,
yang kemudian diikuti Gibson, Rickenbacker, dan Hohner. Perkembangan ini membuat
popularitas bass elektrik makin meluas terlebih setahun sebelumnya telah muncul
untuk pertama kali bass 6 senar yang dibuat Danelectro. Model yang juga
digunakan Gibson untuk Gibson EB-6 pada
1960, dan Fender untuk Fender VI pada 1962.
1960, dan Fender untuk Fender VI pada 1962.
Pada
1965, bass fretless Aubi dari Ampeg diciptakan dan bass 8 senar di perkenalkan
oleh Hagstroem pada 1968. Selanjutnya bass freetless 6 senar di buat oleh Carl
Thompson pada 1978. Karena gaya permainan seperti slap dan pop, jumlah senar
dan kombinasi kayu, neck dan lainnya pickup semakin menjadi bervariasi. EMG
pickup yang menjadi pickup terlebar yang digunakan di bass tersebut.
Inovasi
lainnya adalah bass tanpa kepala yang dibuat Ned Steinberger pada 1979.
Menyusul kemudian bass fretless Ashbory berukuran 18” dan menggunakan senar
karet silikon serta pick up piezoelectric yang dapat menghasilkan suara double
bass, diluncurkan Guil Corporation Gitar pada 1987.
Evolusi
pick up pun berlangsung. Selain pickup single coil, muncul juga beberapa jenis pick up lain
seperti humbuckers, pickup
hybrid, pickup pasif dan aktif. Penggunaan pickup aktif di bass dipelopori Musicman Stingray pada 1976.
Tentu
saja juga terjadi pada teknik bermain. Larry Graham menciptakan teknik slap and pop dan kemudian dipopulerkan
oleh Louis Johnson.
Penggunan plectrum /
pick dalam memetik senar untuk memberi tone yang tegas dan attack yang kuat. Teknik palm-muting untuk menciptakan kesan suara double
bass. Two-handed tapping dan
lain-lain.